Jumat, 20 Desember 2013

kelebihan open source


Gak terasa ya mau tudah di penghujun tahun, pasti ada sesatu yang sobat rasakan di tahun ini, baik yang manis, asem, asin maupun pedas,, eeh sory.. pahit.. Seperti saya, ada 3 wanita yang pernah singgah dihatiku,,, dan berakhir dengan dramatis.. ohhhh namun sekarang saya ingin melupakan semuanya,, dan saya memutuskan untuk... #plaaakkkk#duaghhh
Ok kita kembali ke topik, agan agan masih ada yang makai OS windows Xp?? Tapi selamat buat agan.. karena tahun depan kalian dapat berkat karena Windows Xp bakal ditelantarkan oleh induknya...Kwkwkwk kesian banget nasib lo sama kaya gue sih. Mungkin sebagian dari agan masih binggung migrasi ke opensos atau tetap stayjum di Windows dan perangkat lunak lainnya???  Yap.. pasti ada yang bilang gini, sebut saja Toples  tentang postingan saya ahhhh.. apaan sih nih ni mahluk gaib??? Pake acara mau banding bandingin segala?? Ccd.. dan ada juga yang berspekulasi seperti ini sebut saja kuali...  ni posting kayanya menarik nih..mantengin dulu ahhh..
Pertama saya akan memberikan sedikit rsa simpati saya kepada si toples.. disini saya bukan memandingkan melainkan memberikan rujukan.. -_- Maaf saya gak masukin Macintosh dari Apple, karena saya gk pernah make hihihihih

·         Kelebihan Opensos (Open source)
Disini untuk open source saya mengambil conoh OS Linux karena kita tahu bahwa prinsip opensos yaitu bebas diperjual belikan dan dikembangkan.hal ini berbading terbaling dengan OS(operating system) seperti milik Microsoft yang memiliki prinsip closed source, yaitu memilki  kode sumber yang tertutup dan hanya dapat dikembangkan oleh microsoft. Yappp.. tapi saya akan membaginya menjadi sub bab berikut yaitu:

1.       Free
Free disini bukan merujuk kepada gratis tetapi lebih cenderung kearah bebas. Jadi  tidak ada lisensi.. jadi jangan terkejut jika anda membeli OS yang berprinsip closed source yang orisinil sampai menjangkau harga $100 sampai $1,900 hal itu sangatlah wajar mengingat di indonesia terlalu banyak yang memakai yang bajakan, biasanya sih sekitar $5 - $10... tetapi jika agan memakai OS open source, agan bisa mendapatkannya gratis.... namun banyak juga tersedia CD mentahnya harhanya sih sekitar Rp5.000 – Rp20.000 murahkan??? Namun jika kamu memiliki kebutuhan untuk server seperti Read Heat Enterprise (OS Linux) hargana cukup WOW. Namun dalam segi GUI (Graphick User Interface) Windows sangat memiliki nilai yang sangat lebih disini  yaitu lebih interaktif dan mamanjakan penggunanya

2.       Virus
Virus memang banyak sekali dijumpai pada berbagai macam OS, namun dalam OS Linux tidak ada yang namanya virus,, jika anda menanya apakah Linux Sangat aman, saya tidak dapat menjamin 100% karena disini ada juga yang namanya rootkit, buat apa adanya kaspersky??.Dan sebagian besar virus tidak dapat membaca bahasa sistem OS ini.
Bagaimana dengan Windows yang dinaungi Microsoft???? Saya hanya bisa geleng2 kepala, karena bukanhal baru jika virus itu udah bertebaran dimana2..  apakah menurut anda antivirus dpat menyelasaikan semuanya?? Jawabannya “tidak” kenapa?? Walaupun antivir lokal maupun yang ternama yang agan pakai seperti  Norton dan bitdefender,, sesekali virusnya “pasti lolos” semua pernah kewalahan melawan virus jenis trojan, malware, dan spyware. karena bukan hacker namanya jika menyrah terhadap anti virus.. dan ironisnya Windows selalu jadi bulan2an hacker.. Anda perlu menunggu menjadi korban??? Are you the next? Till you belive with antivir??? Up yo you..


3.       Stabilitas dan kemandirian
Di Windows Anda mungkin sering kesal ketika ada peringgatan mengenai program not responding, dan tiba2 pekerjaan anda raib (tiba2 diclose) dan belum sempat di recovery ?  SAMA ! . juga webserver yang selalu minta direstart ulang? -_- Saya bingung mau menjelaskannya darimana tapi yang jelas Sistem anda sedang kelelahan, atau lebih tepanya mudah lelah dan manja, namun ketika saya menggunakan Linux, hal seperti itu gk akan dan gk pernah terjadi lagi selama bertahun tahun, karena  cara kerjanya yang lebih cepat dan ringan, bahkan mampu mengoprasikan beberapa program secara bersamaan... tanpa harus memakai prosesor dan RAM yang besar,, coba saja sendiri.

4.       Versi
Dalam Windows, versi sepeti Win.Xp, Win.7, Win.Vista, dan Win.8 dll lebih unggul dalam efektivitasnya dibandingkan dengan Linux. buk an karena terlalu sedikit versinya(dalam hal ini distro) namun TERLALU BANYAK.. bayangkan berapa ratus distro yang berkembang pada saat ini? Ketika anda baru migrasi ke Linux dan memilih salah satu distro, sebut saja Distro Ubuntu.. belum sempat anda mengenalinya dan mengorientasikan diri anda, ehhh baru berapa bulan muncul versi barunya -_-  azzz ..Tapi sisi positifnya, banyak pilihan yang bisa anda pilih, jika anda memiliki rasa nasionalisme yang tinggi saya sarankan menggunakan distro blankon, dan garuda.

Yap sekian dulu membahasnya, sampai jumpa di post berikutnya, bye

Tidak ada komentar:

Posting Komentar